Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Sudah lama ya saya tidak membagikan tutorial lagi. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio. Mungkin sudah banyak artikel atau source yang dibagikan di Google, tetapi kali ini saya buatkan versi saya sendiri. dengan database SQLite.

Karena aplikasi Pemesanan Travel ini sangat sederhana, pastinya bagi pemula tidak sulit untuk mempelajarinya. Tetapi aplikasi Pemesanan Travel yang saya buat ini adalah versi Offline. Untuk datanya menggunakan database SQLite bukan menggunakan API. Jika ingin menggunakan API, mungkin di lain waktu akan saya buatkan lagi tutorialnya di lain waktu😂.

Seperti tutorial-tutorial lain yang saya berikan, aplikasi ini bisa dijadikan bahan untuk skripsi😄. Jika kalian ingin SOURCE CODE sample aplikasi ini, silahkan download di GITHUB saya DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Untuk tampilannya nanti akan seperti ini :
Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel
Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel
Untuk kalian yang ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kemudian kita akan buat menu untuk Register-nya. Buat RegisterActivity.java dan activity_register.xml.
Source : RegisterActivity.java dan activity_register.xml

3. Setelah membuat menu Register, berikutnya kita buat menu untuk Login. Buat LoginActivity.java dan activity_login.xml.
Source : LoginActivity.java dan activity_login.xml

4. Berikutnya kita buat menu Main sebagai menu utama untuk menampilkan apa saja yang tersedia dalam aplikasi Pemesanan Travel ini. Buat MainActivity.java dan activity_main.xml.
Source : MainActivity.java dan activity_main.xml

5. Selanjutnya kita buat menu untuk Booking. Disini saya hanya sediakan satu menu, jika kalian ingin menambahkan menu Booking lainnya silahkan kembangkan lagi ya. Buat BookKeretaActivity.java dan activity_book_kereta.xml.
Source : BookKeretaActivity.java dan activity_book_kereta.xml

6. Untuk melihat pesanan yang sudah kita lakukan, buat menu History. Buat HistoryActivity.java, activity_history.xml dan list_item_booking.xml.
Source : HistoryActivity.java, activity_history.xml dan list_item_booking.xml

7. Disini saya buatkan menu Profile untuk menampilkan profil yang akan melakukan pesanan. Ini sebenarnya hanya opsional. Buat ProfileActivity.java dan activity_profile.xml.
Source : ProfileActivity.java dan activity_profile.xml

8. Buat HistoryAdapter.java untuk mengambil list data dari menu Booking untuk menampilkan ke menu History.
Source : HistoryAdapter.java

9. Buat AlertDialogManager.java untuk membuat custom alert dialog. Alert ini akan muncul jika kalian salah memasukkan password dan tidak melengkapi form.
Source : AlertDialogManager.java

10. Buat DatabaseHelper.java untuk database-nya. Fungsinya adalah untuk menyimpan hasil input form dari menu Booking dan menampilkan ke menu History.
Source : DatabaseHelper.java

11. Buat HistoryModel.java untuk modelnya. Model berguna untuk mengimplementasikan apa saja yang akan ditampilkan dan apa saja yang akan disimpan ke database.
Source : HistoryModel.java

12. Buat SessionManager.java. Session ini berguna agar user tidak Logout jika sudah menutup aplikasi. Jadi setiap user menutup aplikasi dan ingin masuk, tidak perlu Login ulang kecuali user menekan tombol Keluar di menu utama.
Source : SessionManager.java

13. Selesai dan kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Pemesanan Travel dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama