Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android menggunakan Android Studio.

Sebenarnya saya sudah pernah membagikan tutorial ini, hanya saja terlau sederhana dan menggunakan library yang usang atau versi lama. Jadi, ini adalah update-nya. Selain saya update, saya juga menambahkan menu untuk menampilkan Jadwal Sholat dan Masjid Terdekat.

Dengan satu aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan banyak fitur. Ada Al-Quran, ada Jadwal Sholat dan Masjid Terdekat. Oh ya, untuk menampilkan Maps kalian harus membuat API KEY terlebih dahulu ya. Untuk kamu yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:

Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya.

2. Kemudian kamu import library Fast Android Networking untuk Rest API, DatePickerTimeline, Expansionpanel dan Library Google ke gradle:
Source : build.gradle

3. Kamu tambahkan Permission Internet, Maps dan Lokasi ke AndroidManifest.xml:
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Utama untuk menampilkan daftar surah yang kita ambil dari API dan beberapa menu Tab. Buat activity_list_surah.xml, toolbar_main.xml dan ListSurahActivity.kt.
Source : activity_list_surah.xml, toolbar_main.xml dan ListSurahActivity.kt

5. Buat Class Detail untuk menampilkan detail surah dan ayat berdasarkan nomor surat yang kita klik di Class Utama. Buat activity_detail_surah.xml dan DetailSurahActivity.kt.
Source : activity_detail_surah.xml dan DetailSurahActivity.kt

6. Buat Class  untuk menampilkan Masjid Terdekat berdasarkan lokasi kamu berada. Buat activity_masjid.xml dan MasjidActivity.java.
Source : activity_masjid.xml dan MasjidActivity.java

7. Buat Class Fragment untuk menampilkan Jadwal Sholat yang lokasinya bisa kamu pilih melalui Spinner. Buat fragment_jadwal_sholat.xml dan FragmentJadwalSholat.kt.
Source : fragment_jadwal_sholat.xml dan FragmentJadwalSholat.kt

8. Buat Class Adapter untuk menampilkan data ke Class Utama. Buat list_item_surah.xml dan SurahAdapter.java.
Source : list_item_surah.xml dan SurahAdapter.java

9. Buat Class Adapter untuk menampilkan data ke Class Detail. Buat list_item_ayat.xml dan AyatAdapter.kt.
Source : list_item_ayat.xml dan AyatAdapter.kt

10. Buat Class Model sebagai Class POJO. Buat DaftarKota.kt, ModelAyat.kt dan ModelSurah.kt.
Source : DaftarKota.kt, ModelAyat.kt dan ModelSurah.kt

11. Buat Class Utils sebagai pelengkap dan konverter. Buat ClientAsyncTask.kt, GetAddressIntentService.kt dan ParserPlace.kt.
Source : ClientAsyncTask.kt, GetAddressIntentService.kt dan ParserPlace.kt

12. Yang terakhir buat Class Api untuk mengambil endpoint. Buat Api.kt :
Source : Api.kt

13. Selesai dan coba kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Untuk hasilnya, nanti akan seperti ini :
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android
Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Al-Quran Android Menggunakan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama